Badan Pengelola Keuangan Pendapatan & Aset Daerah • Kabupaten Pakpak Bharat
BPKAD Kab. Pakpak Bharat
Hubungi KamiTentang Kami
Berita

Himbauan Pendaftaran PBB

Diposting: Rabu, 24 April 2019

Dalam rangka meningkatkan potensi pendapatan asli daerah (PAD) khususnya dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) pemerintah terus melakukan upaya-upaya penggalian potensi melalui pendataan terhadap objek PBB yang belum terdaftar.

Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan kunjungan langsung ke desa bahkan dengan kunjungan langsung ke masyarakat (door to door). Namun karena keterbatasan personil pada BPKPAD selaku OPD pengelola PBB ini belum semua wilayah dapat terdata mengingat luasnya wilayah Kabupaten Pakpak Bharat.

Untuk itu diharapkan kesadaran wajib pajak mendaftarkan sendiri tanah dan bangunannya yang belum terdaftar menjadi objek PBB-P2. 

Adapun persyaratan pendaftaran PBB yang harus dilengkapi antara lain fotocopy surat bukti kepemilikan tanah atau surat keterangan Kepala Desa, fotocopy Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk objek bangunan, fotocopy identitas serta mengisi dan menandatangani formulir SPOP dan di sahkan Kepala Desa.

Proses pendaftaran PBB untuk penerbitan SPPT PBB Tahun 2019 sampai saat ini masih berlangsung. Pendaftaran bisa dilakukan melalui Kantor Kepala Desa setempat atau langsung ke Kantor BPKPAD.