Badan Pengelola Keuangan Pendapatan & Aset Daerah • Kabupaten Pakpak Bharat
BPKAD Kab. Pakpak Bharat
Hubungi KamiTentang Kami
Pajak Daerah

PROSEDUR MUTU: PENAGIHAN PAJAK HOTEL, RESTORAN DAN REKLAME

1.TUJUAN

Untuk mendukung pelaksanaan penagihan Pajak  Hotel, Restoran dan Pajak Reklame pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Pakpak Bharat

 

2.RUANG LINGKUP

Prosedur ini dimulai dari penyampaian SKP-D ke Kecamatan untuk selanjutnya oleh petugas kecamatan di sampaikan ke wajib pajak sekaligus menagih dan menyetorkan ke Bendahara Penerimaan kecamatan. Bendahara Penerimaan kecamatan menyetorkan ke Rekening Kas Umum Daerah serta membuat STS berdasarkan slip/surat setoran, selanjutnya slip/surat setoran dan STS disampaikan ke Kuasa BUD.

 

3. TANGGUNG JAWAB

3.1Petugas pemungut Kecamatan, menerima SKP-D, menyampaikan kepada wajib pajak dan menagih sesuai dengan target dan menyetorkan ke Bendahara Penerimaan paling lambat 1 x 24 jam setelah diterima.

3.2Bendahara Penerimaan Kecamatan, bertanggung jawab menerima, menyimpan dan menyetorkan ke Rekening Kas Umum Daerah paling lambat 1 x 24 jam (khusus kecamatan salak) dan di luar kecamatan salak paling lambat 3 (tiga) hari kerja.

3.3Bidang Pendapatan melakukan rekonsiliasi (slip/surat setoran dengan STS) yang diterima dari Kuasa BUD setiap akhir bulan dengan Bendahara Penerimaan SKPD.

 

4.DEFINISI

4.1Surat Ketetapan Pajak Daerah, yang selanjutnya disingkat SKP-D, adalah Surat Ketetapan Pajak yang menentukan besarnya jumlah pokok pajak yang terutang.

 

5. REFERENSI

Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah.

6. URAIAN PROSEDUR

Lihat Menu Standar Layanan

 

7. CATATAN MUTU REKAMAN

7.1Surat Ketetapan Pajak Daerah: -

7.2Surat Pendataan Objek Pajak: -

7.3SKP-D: -

7.4STS: -

7.5Slip/surat setoran: -